Tempat Wisata Yang Sering Dikunjungi di Gunung Kidul

Tempat Wisata Yang Sering Dikunjungi di Gunung Kidul

Wisata di Jogja

Gunung Kidul merupakan kabupaten di DI Yogyakarta yang memiliki banyak sekali objek-objek wisata yang sangat disukai oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar Jogja. Karena banyaknya objek wisata di kawasan ini membuat wisatawan banyak yang membuat jadwal perjalanan mereka untuk berkeliling di kabupaten ini. Objek-objek wisata yang terkenal sebut saja Cave Tubing Gua Pindul, River Tubing Kali Oya, Cave Tubing Kalisuci, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan masih banyak lagi. Semuanya jika dikunjungi bisa membutuhkan waktu berhari-hari.  Namun dari sedemikian banyak tempat yang ada umumnya wisatawan hanya memilih 2-3 objek wisata saja. Apa saja objek wisata yang biasa dipilih para wisatawan saat ke Gunung Kidul? Berikut penjelasannya dan mungkin bisa menjadi paket tour di Jogja:

  1.       Gua Pindul

Objek wisata di Gunung Kidul yang sering dikunjungi wisatawan tentu saja adalah Gua Pindul. Tempat wisata ini begitu populer yang mana tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap harinya ratusan bahkan ribuan wisatawan mengunjungi tempat ini untuk merasakan serunya cave tubing ini. Saat menyusuri gua pengunjung bisa merasakan suasana yang berbeda di 3 zona yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Menyusuri gua menggunakan ban akan memberi pengalaman yang berbeda bagi wisatawan yang menyukai kegiatan yang unik dan beda. Selain Gua Pindul di kawasan ini ada juga wisata lainnya yaitu River Tubing Kali Oya yang mana wisatawan akan diajak menyusuri aliran sungai Oya dan menikmati keindahan alam saat mengarunginya.

  1.       Air Terjun Sri Gethuk

Jika Gua Pindul merupakan gua yang palin populer di Gunung Kidul maka Air Terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang paling populer di kawasan ini. Untuk tiba di air terjun ini ada 2 cara yaitu berjalan kaki dari parkiran menuju lokasi air terjun atau berjalan menuju tempat pengantaran perahu motor sederhana yang akan mengantarkan wisatawan ke air terjun. Wisatawan pada umumnya memilih untuk naik perahu bermotor yang terbuat dari drum dan papan dibandingkan harus berjalan sekitar 2 km. Dengan membayar uang Rp. 10.000,- wisatawan bisa naik perahu tersebut pulang pergi dan merasakan pengalaman yang berbeda saat menaikinya dan menyusuri aliran sungai.

  1.       Pantai Indrayanti

Saat ini Pantai Indrayanti menjadi pantai paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Walau banyak pantai lainnya tetapi wisatawan tetap banyak yang memilih untuk mengunjungi pantai ini. Di pantai ini wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah dan lembutnya pasir putih. Selain itu wisatawan bisa bersantai di gazebo-gazebo yang ada di pinggir pantai.

Ketiga objek wisata tersebut merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan saat berlibur di Gunung Kidul. Tentu masih banyak objek wisata lainnya yang tidak kalah ramainya. Hal tersebut menandakan kalau kegiatan wisata di Jogja sudah berkembang dengan pesat.